<----ads---->

Megah dan Indahnya Jembatan Kelok 9 Sumatra Barat

Satu lagi karya terbaik pemerintah Jembatan Kelok 9 di Sumatra Barat. Presiden Republik Indonesia (RI) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meresmikan sejumlah infrastruktur Kementerian Pekerjaan Umum (PU) di Provinsi Sumatera Barat bersamaan dengan acara puncak Hari Pangan Sedunia ke-33 tahun 2013. Salah satu yang diresmikan adalah proyek jembatan Kelok 9. Menyaksikan kemegahan dan keindahan jembatan Kelok 9 tersebut, Presiden SBY mengungkapkan kebanggaannya pada karya anak bangsa tersebut. SBY mengaku bangga terhadap infrastuktur jembatan kelok 9 yang megah dan indah. Dia pun mengatakan, jembatan kelok 9 merupakan ikon konstruksi yang monumental.

Megah dan Indahnya Jembatan Kelok 9 Sumatra Barat

“Kemarin saya tinjau Jembatan Kelok 9 yang kokoh, megah dan indah, hasil karya anak bangsa yang membanggakan, bagi yang belum lihat langsung, datanglah. Saya percaya akan menambah rasa bangga terhadap Indonesia. Sebuah ikon konstruksi yang monumental,” ungkapnya dalam acara sambutan di kota Padang, seperti dilansir laman detik 31/10/2013.

Megah dan Indahnya Jembatan Kelok 9 Sumatra Barat

Tak heran rasanya bila orang nomor satu di Indonesia itu memuji jembatan yang terletak di kawasan Suaka Alam pegunungan Bukit Barisan yang penuh hutan dan jurang curam yang indah tersebut.

Lokasinya yang memiliki pemandangan alam cantik, serta struktur jembatan yang berkonsep green contruction memang menyebabkan mata tak bosan melihat kemegahannya.

Megah dan Indahnya Jembatan Kelok 9 Sumatra Barat

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan, jembatan tersebut dirancang dan dibangun oleh putra-putri Indonesia dengan konsep green construction dan menggunakan produksi dalam negeri.

Djoko menjelaskan, pekerjaan jembatan dilaksanakan dalam dua taha, yaitu mulai tahun 2003-2011 dan 2012-2013. Terdiri atas 6 buah jembatan dengan panjang keseluruhan 943 meter. Tahap pertama dilaksanakan pada tahun 2003 – 2011 dengan membangun empat buah jembatan yaitu jembatan nomor 3, 4, 5 dan 6 sepanjang 699 Meter, sedangkan tahap kedua dilaksanakan pada tahun 2012–2013 dengan membangun dua jembatan yaitu jembatan nomor 1 dan 2 sepanjang 244 Meter.

"Pembangunan Jembatan ini dilakukan dengan pendekatan green construction mengingat jembatan ini terletak di kawasan Suaka Alam yaitu di wilayah lembah dan pengunungan Bukit Barisan. Jembatan Kelok 9 dibangun karena kondisi jalan tersebut sebelumnya sangat sempit dengan radius tikungan yang sangat kecil sehingga tidak lagi mampu mengakomodasi kendaraan-kendaraan besar," papar Djoko. jembatan Kelok 9 adalah solusi dari keadaan jalan sebelumnya yang sempit, serta berkelok-kelok.

“Jembatan Kelok 9 terdiri dari 6 jembatan dengan panjang total 943 Meter dan jalan penghubung sepanjang 2.089 Meter dibangun dengan biaya keseluruhan Rp. 602,55 milyar,” terang Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto dalam laman detikfinance 31/10/2013.

Tentunya kemegahan dan keindahan Jembatan Kelok 9 Sumatra Barat ini bukan saja menjadi kabanggaan warga sumbar tapi juga Indonesia.
Previous
Next Post »