<----ads---->

Lenovo Rancang Sendiri Prosesornya



Teknoku.com - Jika sebelumnya kita ketahui, sebagian besar produk smartphone Lenovo menggunakan chipset buatan produsen asal Taiwan, yakni MediaTek. Tahun 2011 lalu, Lenovo mulai menggunakan MediaTek 6573, tahun 2012 hingga tahun ini Lenovo menggunakan chipset MediaTek MT6575 dan Mediatek MT6577 untuk jajaran smartphone.

Kini, Lenovo dikabarkan akan merancang prosesor sendiri untuk digunakan pada produk smartphone dan tablet besutannya. Kabar ini muncul ke permukaan setelah Lenovo ditolak oleh Samsung untuk menggunakan chipset Exynos 5 untuk produk besutannya.Mengapa Samsung menolak? Hal ini karena faktor pangsa pasar di China, dimana posisi pertama ditempati oleh Samsung dan posisi kedua diduduki oleh Lenovo. Jadi jelas, Lenovo dianggap pesaing utama Samsung di pasar smartphone China, sehingga menolak akses Lenovo untuk chipset Exynos 5.

Lenovo juga mencoba peruntungan dengan menggunakan prosesor Intel Atom Meldfield Z2580 untuk smartphone Lenovo K900. Produsen asal China ini juga menggunakan chipset Samsung Exynos 4 untuk diematkan pada smartphone kelas atas seperti Lenovo K860. Sayangnya, Lenovo ditolak Samsung untuk menggunakan chipset Exynos 5.

Menurut sebuah sumber anonim, Lenovo saat ini tengah bersiap untuk merancang chipset dan prosesor sendiri untuk tablet dan smartphone besutannya. Lenovo telah mempekerjakan sepuluh orang dalam tim IC kecil selama sepuluh tahun terakhir. Tapi sekarang perusahaan berkomitmen untuk memperluas tim ini untuk sekitar 100 insinyur. selain Lenovo, LG dikabarkan juga akan merancang chipset prosesor sendiri. Sementara itu, Huawei yang juga produsen asal China malah telah sukses membuat chipset prosesor sendiri dengan label HiSilicon.

Jika Lenovo mampu membuat prosesor sendiri, tentu saja harga smartphone dan tablet buatannya akan semakin kompetitif.
Previous
Next Post »