<----ads---->

Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami Mudah

Bagi sebagian orang punya bekas luka di permukaan kulit seperti bekas cacar, bekas jerawat, lecet atau luka karena teriris benda tajam kadang menyebabkan seseorang menjadi sedikit minder. Apalagi bila bekas luka itu terdapat di bagian betis, paha, lengan, wajah dan tempat yang mudah terlihat orang lain.
Ada beberapa jenis bekas luka yang biasanya dialami, yaitu keloidal (warna gelap dan menonjol), hipertrofik (berwarna gelap, menimbulkan gatal, namun dapat hilang sendiri) dan atrofi (cekung, misal strech mark dan bekas cacar).

 

Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami Mudah

 Menghilangkan bekas luka lama atau baru memang tidaklah mudah. Jika bekas luka tersebut tidak dirawat dengan benar maka luka tersebut bisa jadi tidak akan pernah hilang selamanya atau luka tersebut dapat menjadi keloid. Karenanya berbagai usaha akan dilakukan untuk menghilangkan bekas luka tersebut, atau paling tidak menipiskannya.

Berbagai cara dilakuakan untuk menghilangkan bekas luka.Berbagai produk lotion khusus atau salep khusus pun dibeli, bahkan ada juga yang nekat melakukan operasi plastik atau laser agar kulitnya menjadi mulus kembali tanpa peduli berapa biaya yang harus dikeluarkan. 

Cara Alami tradisional adalah alternatif yang tidak kalah ampuhnya untuk menghilangkan bekas luka. Berikut cara tradisional yang fahriemje.com rangkumkan untuk anda dari berbagai sumber.


Cara menghilangkan bekas luka tersebut dengan cara alami adalah seperti berikut ini:
  • Minyak lavender. Dengan minyak tanaman lavender, oleskan di lokasi kulit yang berbekas sambil diurut pelan-pelan. Perlu kesabaran sebab membutuhkan waktu lama menghilangkan bekasnya.
  • Ekstrak biji anggur. Tanaman ini kaya antioksidan dan berguna memperbaiki jaringan sel kulit. Oleskan secara teratur dan dipijatpijat. Ulangi beberapa kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Minyak zaitun. Minyak ini juga baik bagi kulit dengan bekas luka. Oleskan secara teratur beberapa kali sehari sambil dipijat. Minyak ini juga baik digunakan untuk perawatan kulit.
  • Madu asli. Madu asli apalagi yang organik, mempunyai khasiat yang tinggi untuk perbaikan jaringan sel kulit yang rusak. Oleskan dan diamkan selama beberapa lama. Lakukan secara teratur setiap hari, agar bekas luka dapat segera menghilang.
  • Daun Pare. Pare, tanaman yang terkenal dengan buahnya yang pahit ini merupakan salah satu tanaman herbal yang sudah banyak dikenal manfaatnya untuk kesehatan. Dan ternyata, selain buahnya, daunnya pun dapat kita gunakan untuk menyamarkan bekas luka. Caranya, cuci sampai bersih segenggam daun Pare yang masih segar. Lalu, remas-remas sampai halus. Tambahkan sedikit air hangat, lalu peras. Kemudian, campurkan air perasan tersebut dengan 2 sendok makan tepung beras hingga teksturnya seperti lotion. Kemudian, aduk sampai merata. Balurkan pada bagian bekas luka. Biarkan sampai kering dan bilas sampai bersih.
  • Mentimun . Buah yang dalam bahasa latinnya mempunyai nama Cucumis sativus ini tidak hanya mengandung vitamin C dan potasium yang baik untuk menangkal radikal bebas, tetapi  juga memiliki kandungan  air yang cukup tinggi dan menyegarkan. Joel Schlessinger,MD, ahli kulit dari Omaha, Nebraska, menyimpulkan bahwa mentimun juga memiliki kandungan silika yang dapat meningkatkan produksi kolagen dan mencegah munculnya keriput.  Tidak heran, banyak produk yang menggunakan mentimun sebagai bagian penting dalam perawatan kulit baik untuk mengencangkan, melembabkan kulit, mengatasi jerawat, dan bahkan untuk menghilangkan bekas luka pada kulit. Untuk menghilangkan bekas luka, cuci bersih mentimun, kemudian potong mentimun menjadi kecil-kecil lalu haluskan dengan blender atau ditumbuk. Setelah halus, oleskan pada bekas luka dan biarkan sepanjang malam. Jika dilakukan dengan rutin maka bekas luka dapat berangsur-angsur menjadi samar dan hilang.
  • Teh Hijau. Para ahli kesehatan menyimpulkan bahwa daun teh hijau memiliki kandungan antioksidan  bernama Epigallocatechin Gallate (EGCG). Kandungan antioksidan ini memiliki kekuatan 200 kali lebih hebat dari vitamin E dan sudah terbukti dapat mengurangi aktivitas hormon penyebab jerawat, mengurangi peradangan pada kulit, mengontrol produksi minyak serta menghilangkan bekas luka yang ditimbulkan akibat jerawat. Selain dikonsumsi sebagai minuman, daun teh hijau dapat juga dijadikan toner. Caranya, basahkan kapas atau handuk kecil dengan air daun teh hijau yang sudah diseduh. Lalu, usapkan kapas atau handuk kecil tersebut pada bagian luka yang sudah dibersihkan.
Nah, selamat mencoba. Semoga bekas luka Anda segera menghilang.
Previous
Next Post »