<----ads---->

Resep Cara Membuat Jamu Beras-Kencur Sendiri ! Asli ,Segar & Sehat

Resep Cara Membuat Jamu Beras-Kencur  Sendiri ! Asli ,Segar dan  menyehatkan badan

Jamu Beras kencur merupakan minuman tradisional yg hingga kini punya banyak penggemar tersendiri. Cita rasa jamu sebagian besar memang terasa pahit, tapi tak semua jamu terasa pahit. Beras kencur merupakan salah satu jamu yang enak.

Jamu beras kencur berkhasiat untuk menambah nafsu makan , menambah kesegaran tubuh dan mengobati batuk. Cara membuatnya mudah sekali. Anda bisa sendiri membuatnya di rumah dengan dengan resep berikut:

Bahan:

150 gram beras putih
50 gram jahe, kupas bersihkan
100 mililiter air panas mendidih
3 daun pandan
40 gram kencur, kupas bersihkan
10 butir kapulaga
200 gram gula merah
1,5 liter air
50 gram gula pasir atau sesuai selera
½ sendok teh kemukus
½ sendok teh kelabet


Cara membuat Jamu beras kencur:

Cuci beras sampai, kemudian tiriskan sampai airnya kering. Goreng tanpa menggunakan minyak dan aduk terus-menerus sampai kering matang.

Setelah masak beras kemudian dimasukkan kedalam air yang mendidih 100 ml dalam suatu wadah, dan tutup wadah tsb. Biarin 2 jam sampai beras melunak.

Sangrailah kencur dan jahe hingga kering sekitar 10-15 menit dalam api kecil sambil menunggu beras melunak kemudian angkat.

Masukkan kencur & jahe dlm rendaman beras saat air masih panas, kapulaga, juga kelabet, dan kemukus. Jika anda menginginkannya boleh beri sedikit garam agar sedikit gurih.

Lalu haluskan dgn menggunakan blender hingga halus.

Hasil blenderan tsb direbus hingga mendidih, kemudian gula dan pandan di masukkan kedalamnya. Apabila sudah hangat, saringlah dengan saringan dan jamupun sudah siap untuk diminum. Boleh juga menambahkan batu es ke jamu beras kencur agar lebih segar.
Previous
Next Post »