<----ads---->

Tips Cara Merawat Kucing

Tips Cara Merawat Kucing - Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang paling disukai manusia. Selain lucu, perilaku kucing juga sangat menggemaskan.Kucing adalah hewan peliharaan yang tenang yang dapat dengan mudah ditangani dan dirawat. Ketika Anda membeli atau mengadopsi kucing liar, Anda harus berhati-hati karena mereka sensitif.Namun, tahukah Anda cara merawatnya? Semua hewan memiliki sifat sensitif yang harus dipahami manusia. Jika Anda seorang pemula dan ingin tahu tentang cara merawat kucing, berikut adalah beberapa tips dasar bagaimana merawat kucing.
Tips Cara Merawat Kucing

Tips Cara merawat kucing untuk pemula:


  1. Anak kucing membutuhkan dua kali jumlah gizi bila dibandingkan dengan kucing dewasa. Meskipun anak kucing membutuhkan lebih banyak nutrisi, tapi bukan berarti bahwa Anda harus memberikan makanan secara berlebih mereka makan.
  2. Berikan makan dengan jumlah sedikit pada interval yang pendek akan menyeimbangkan jumlah pasokan gizi dan juga mengisi perut anak kucing kecil yang lucu.
  3. Jangan memberikan makanan anjing untuk kucing Anda. Taurin adalah nutrisi yang kucing perlukan untuk mencegah penyakit jantung dan penglihatan yang kabur. Makanan anjing tidak mengandung taurin. Oleh karena itu, berikan nutrisi yang tepat dengan hanya memberi makanan kucing.
  4. Setelah berumur 8-10 bulan, jangan memberi makan hanya susu dan makanan kucing. Berikan anak kucing beberapa makanan rumah seperti nasi, yoghurt dan susu. Ini akan membuat kucing lebih terbiasa terhadap makanan rumah.
  5. Tidak perlu memandikan kucing secara teratur. Ketika bulu kucing mulai berbau, maka Anda dapat memandikan kucing dengan air dingin. Air panas dapat merusak bulu dan juga mengiritasi kulit kucing.
  6. Secara teratur sikat bulu anak kucing. Ini akan merontokkan rambut mati, menghilangkan kuman dan bakteri dan juga membuatnya mudah untuk merapikan bulu anak kucing.
  7. Tidur dengan kucing di tempat tidur Anda selama beberapa hari tetapi tidak membuat kebiasaan tidur dengan kucing. Setelah mereka terbiasa tidur dengan Anda, mereka akan selalu mencoba untuk mendapatkan perhatian Anda.
  8. Pergi keluar rumah dan bermain dengan kucing Anda. Kegiatan fisik akan membantu pertumbuhan dan perkembangan si kucing.
  9. Membuatkan kucing tempat untuk tidur, makan dan toilet. Membawa mereka ke sana secara teratur dan ini akan membuat mereka belajar untuk terbiasa.
  10. Anak kucing membutuhkan vaksinasi. Konsultasikan dokter hewan Anda.
  11. Dengan usia yang semakin dewasa, Anda harus mencuci gigi, membersihkan telinga dan memotong kuku kucing. Kuku atau cakar pada kucing adalah tempat yang sangat rentan terserang kuman dan bakteri. Hal ini dapat menyebabkan infeksi dan menyebar di lantai rumah.

Tips Cara Merawat Kucing Tambahan :

  • Cara merawat anak kucing , Setelah lahir anak kucing harus diberi makanan yang alami (susu induk kucing) dalam waktu 10-20 menit. Jangan lupa untuk juga memberi makan induk kucing makanan dan air minum saat dia menyusui anak mereka.
  • Anak kucing dapat memakan makanan padat pada usia dua sampai tiga minggu. Sisihkanlah uang untuk memberi mereka makanan komersial maupun susu komersial khusus anak kucing. Dalam masa pertumbuhann seperti hindari untuk memberi susu sapi atau susu kambing karena masih belum dapat dicerna dengan sempurna karena mengandung laktosa.
  • Salah satu permasalahan pemilik kucing adalah sifat kucing yang selalu buang kotoran sembarangan. Untuk mengantisipasi hal ini sejak dini maka sediakan dua buah nampan untuk mengganti kotoran dan ganti nampan-nampan tersebut secara teratur pada siang hari. Secara alami anak kucing akan membuang kotoran disanan pada usia tiga sampai empat minggu.
  •  Untuk induk kucing yang menyusui sebaiknya atau mungkin harus diberi obat cacing setiap bulan. Dan untuk anak kucingnya sendiri harus diberi obat cacing setiap dua minggu. Dimulai pada umur dua minggu sampai berumur tiga bulan.
  • Anak kucing anda dapat disapih mulai umur delapan minggu. Pada tahap ini induk kucing akan tidak selalu bersama anaknya hingga harus diberi makanan padat.
  •  Supaya nantinya kucing tidak bertindak agresif dengan manusia. Maka anak kucing harus melakukan kontak terhadap manusia pada umur setidaknya dua sampai tujuh minggu.
  •   Supaya kucing tidak menyusahkan anda, Berilah banyak rangsangan baru yang tidak mengancam tentunya. Misalkan saja bunyi-bunyian maupun bertemu dengan binatang lain.
  • Jangan lupa untuk mengetahui sifat anak kucing, supaya anda dapat menebak suasana hatinya
  •  Jika anak kucing setengah matanya tertutup kemudian memutar sedikit telinganya kesamping itu menandakan anak kucing sedang merasa nyaman
  • Jika pupil mata membesar itu artinya sedang terkejut
  • Jika anak kucing mengarahkan telinga dan membuka mata lebar-lebar, itu berarti anak kucing ingin bermain
  •   Jika Mendongak dan menggerakkan kepala ke belakang, itu artinya mungkin seseorang sedang mendekatinya terlalu dekat
  • Jika sedang mengarahkan telinga, memutarnya ke belakang dan juga mengecilkan pupil mata. WASPADALAH! Anak kucing sedang MARAH.

Tips Cara Mengadopsi kucing

 1.memilih sesuai kepribadian

Caranya temen2 yang mau membeli harus bisa melihat kepribadian kucing tersebut. kepribadian kucing ada yang berwatak pemalas, penurut, dan penyayang. kalau temen2 mencari yang untuk indukan sebaiknya pilihlah kucing yang berumur 1 tahunan dan tentunya berwatak penyayang, bila temen2 ingin yang masih kecil atau anakan maka temen2 harus memilih yang aktif dan manja.

2.memilih warna bulunya

temen2 harus melihat dan memilih warnanya juga, karena warna akan sangat mempengaruhi anakan kucing yang nanti dilahirkan. dan lebih baik pilihlah warna yang terang.

3.memilih warna mata

bukan hanya warna bulu kucing aja yang perlu kita pilih, tapi temen2 juga harus melihat warna bola matanya juga. karena warna mata dapat mempengaruhi anakan kucing yang dilahirkan. bial kucing berwarna terang atau berwarna putih maka matanya berwarana abu2 atau biru.

4.pemeriksaan seluruh badan dan bulu

temen2 harus hati2,cobalah untuk lebih teliti karena jangan sampai temen2 membeli kucing yang bulunya memiliki jamur, karena jamur pada kucing juga bisa menular ke manusia juga. rabalah seluruh bagian badan kucing untuk memastikan tidak ada bulu yang menggumpal, tapi bila ada bulu yang menggumpal coba lihat pada dasar kulitnya mungkin karena adanya jamur di kulitnya. kemudian lihat juga kulitnya apakah ada bekas luka dan benjolan2 kecil yang menyerupai jerawat. kalau semua itu ada sebaiknya urungkan saja niat temen2 untuk membeli karena kucing tersebut positif punya penyakit kulit.

5. lihat gigi dan telinga

temen2 harus memeriksa bentuk gigi apakah giginya bersih dan utuh, seelain itu juga lihat kebersihan telinga dan bentuk telinganya. terkadang kucing juga terkena penyakit telinga karena penyakit tersebut sangat pempengaruhi bentuk telinga kucing atau juga biasa disebut scabies.

6. buku vaksinasi

temen2 juga jangan sampai terkecoh dengan penawaran harga yang terlalu murah, tapi temen2 harus tanyakan dan lihat dulu buku vaksinasinya. karena sangat berguna dan penting. ingat kucing yang sudah di vaksin lebih kuat dan tahan akan penyakit. karena pada umumnya kucing ras Persia atau angora sangat rentan sakit bahkan mati.


Sekian tips  Cara Merawat Kucing. Semoga informasi diatas bermanfaat.
(sumber : kaskus )
Previous
Next Post »