<----ads---->

Ubuntu Meluncurkan Ubuntu Mobile OS

Setelah sukses menjadi OS Open Source favorit yang terkenal dengan tampilan visualnya yang luar biasa, kini akhirnya Ubuntu merealisasikan sebuah operating system baru untuk smartphone. Sama seperti Tizen dan Android, Ubuntu dibangun dengan kernel Linux. Perusahaan dibalik pengembangan Ubuntu OS yaitu Canonical asal Inggris, mengumumkan keberadaan Ubuntu untuk perangkat ponsel pintar pada Kamis, 3 Januari 2013.

Dengan menggunakan operating system berbasis Linux ini, maka penggunanya dapat juga mengoperasikan aplikasi yang biasa diinstal ke dalam PC secara langsung ke dalam handset mereka. Selain dapat menginstal software PC ke dalam handset, operating system ini juga berfungsi sebagai 'jembatan' antara komputer dengan perangkat mobile. Ubuntu mobile dirancang agar dapat berjalan di perangkat dengan prosesor berarsitektur ARM dan X86. Canonical pun ingin agar Ubuntu dapat menjangkau segmen pasar kelas menengah ke bawah, dan menengah ke atas.


Selama ini, banyak pengguna smartphone yang berharap ada software khusus untuk mengintegrasikan perangkat mereka secara mudah ke PC. Dengan diluncurkannya Ubuntu operating system ini, maka keinginan mayoritas pengguna mobile terwujud.

Untuk merayu pengembang aplikasi, Canonical berjanji untuk merilis Application Programming Interface (API) agar para pengembang mau membangun aplikasi di Ubuntu. Canocical berharap perangkat berbasis Ubuntu dapat dirilis pada akhir 2013. Namun, belum diketahui produsen apa yang akan mengadopsi dan memasarkan perangkat tersebut.
Previous
Next Post »