Astra Honda Motor (AHM) mengenalkan seri motor sport terbaru di kelas 150 cc, CB150R StreetFire alias HONDA Teralis di ajang Jakarta Motorcycle Show 2012 pada 31 Oktober hingga 4 November. Honda CB150R mengusung mesin DOHC, empat tak (katup) dengan enam tingkat kecepatan seperti mesin yang dipakai CBR150. Hanya saja, CB150R mempunyai rangka yang berbeda dengan CBR150.Selain mesin DOCH, Honda CB150R dilengkapi rem cakram ganda, kombinasi spidometer digital-analog, dan suspensi belakang tunggal (monoshock) dengan sistem prolink.
Bagian belakang Honda Teralis ini lebih mirip dengan CBR600 RR. Dudukan pelat nomor polisi disambung dengan lampu sein LED putih. Dengan dandanan tersebut, Teralis berkarakter ganda: Parlente sebagai sepeda motor perkotaan, garang sebagai petarung jalanan.
Berikut adalah beberapa fitur unggulan dari Honda CB150R StreetFire:
Motor yang digadang sebagai pesaing Kawasaki Ninja dan Yamaha V-ixion itu dibanderol sekitar Rp20an juta. Harga OTR DKI Jakarta dan Tangerang untuk Honda CB150R StreetFire adalah Rp. 22,350,000.
Honda memajang CB150R yang tampil modis dan bergaya Urban Street Fighter di stan mereka di ajang JMCS 2012. Sepeda motor sport anyar Honda ini diberi bekal cukup banyak sebagai petarung jalanan parlente. Dari warna, orangnye dan hitam dop, menunjukkan kerapian. Nuansa oranye mengalir dari penutup lampu depan, sayap samping, rangka (teralis), tangki bahan bakar, hingga dudukan foot step belakang. Jok kulit hitam, namun jahitannya oranye.Unsur karbon ditempel pada bodi samping dan pelindung mesin di bawah. Pemanis lain adalah seni airbrush pada tangki dengan motif polkadot kecil yang membentuk sebuah percikan tersamar. Di atasnya ditulis Street Fire, sebagai identitas asli CB150R.
Permainan warna itu diperkuat dengan penggunaan aksesoris moge. Sokbreker - terbalik (upside down) - depan dicomot dari Honda CBR 600RR. Rem depan, Tokico dengan piringan ganda. Pelek, kustom 17 inci hitam dengan setrip oranye dibalut karet Bridgestone Battlax 120/70 di depan dan 180/55 di belakang.
Untuk menambah kesan moge, lengan ayun dan sokbreker tunggal memanfaatkan kepenyaan limbah CBR 600RR. Sedangkan untuk finishing dipakai knalpot Yoshimura R77, frame slider dan exhaust slider X-Race. Sementara rantai - satu set - dari TK Racing. Lampu-lampu dikustom, depan HID projector, belakang model LED, sementara lampu indikator diadopsi dari Koso.
(kompas/antara/welovehonda)
Bagian belakang Honda Teralis ini lebih mirip dengan CBR600 RR. Dudukan pelat nomor polisi disambung dengan lampu sein LED putih. Dengan dandanan tersebut, Teralis berkarakter ganda: Parlente sebagai sepeda motor perkotaan, garang sebagai petarung jalanan.
Berikut adalah beberapa fitur unggulan dari Honda CB150R StreetFire:
- Pro-Link rear monoshock (fitur ini digunakan juga oleh motor Honda CBR 250R dimana dengan fitur ini tempat duduk terasa lebih lembut, stabil dan nyaman karena suspensi mampu menyesuaikan diri dengan berbagai kondisi jalan).
- Rem cakram depan dan belakang.
- Analog-digital speedometer (panel meter dengan latar belakang grafik berwarna putih yang sporti serta didukung panel digital yang futuristik dan menampilkan informasi yang lengkap seperti speedometer, odometer, trip meter, clock, dan fuel meter dalam satu tampilan layar).
- Velg racing palang 6 berpola bintang dibalut dengan ban tipe tubeless.
- Secure key shutter.
Harga Honda Teralis CB150R
Motor yang digadang sebagai pesaing Kawasaki Ninja dan Yamaha V-ixion itu dibanderol sekitar Rp20an juta. Harga OTR DKI Jakarta dan Tangerang untuk Honda CB150R StreetFire adalah Rp. 22,350,000.
Spesifikasi Honda CB150R Streetfire
Dimensi
Dimensi (P x L x T) | 2.008 x 719 x 1.061 |
Jarak sumbu Roda | 1.290 mm |
Jarak terendah ke tanah | 148 mm |
Ketinggian tempat duduk | 792 mm |
Sudut Putar Kemudi | R 450 L 450 |
Radius Putar Minimum | 1,980 mm |
Berat kosong | 131 kg |
Rangka
Rangka | Diamond (Innovative Truss Frame / Trellis) |
Suspensi depan | Teleskopik |
Suspensi belakang | Lengan ayun dengan suspensi tunggal (Sistem Suspensi Prolink) |
Ukuran Ban depan | 80/90-17M/C 44P (Tubeless) |
Ukuran Ban Belakang | 100/80-17M/C 52P (Tubeless) |
Rem depan | Cakram hidrolik dengan piston ganda |
Rem belakang | Cakram hidrolik dengan piston tunggal |
Mesin
Tipe mesin | 4 Langkah DOHC, 4 Katup |
Tipe transmisi | 6 Kecepatan |
Pola pengoperan gigi | (1-N-2-3-4-5-6) |
Rasio perpindahan gigi | Gigi 1: 3,083 Gigi 2: 1,941 Gigi 3: 1,500 Gigi 4: 1,227 Gigi 5: 1,041 Gigi 6: 0,923 |
Sistem pendinginan | Pendinginan cairan (radiator) dengan kipas elektrik otomatis |
Diameter x langkah | 63.5 x 47.2 mm |
Volume langkah | 149.48 cc |
Perbandingan kompresi | 11.0 : 1 |
Daya maksimum | 12,5 kW (17 PS) / 10.000 rpm |
Torsi maksimum | 12.6 Nm (1.28 kgf.m) / 8.00 rpm |
Kopling | Manual, wet multiplate clutch with coil spring |
Starter | Pedal & Elektrik |
Kapasitas
Kapasitas tangki bahan bakar | 12 liter |
Sistem suplai bahan bakar | Injeksi (PGM-FI) |
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin | 1,0 liter pada penggantian periodik |
Transmisi | Otomatis, V-Matic |
Kelistrikan
Aki | 12V – 5.0 Ah (tipe MF) |
Sistem pengapian | Full transisterized |
Konsep Modif di stan Honda JMCS 2012
Honda memajang CB150R yang tampil modis dan bergaya Urban Street Fighter di stan mereka di ajang JMCS 2012. Sepeda motor sport anyar Honda ini diberi bekal cukup banyak sebagai petarung jalanan parlente. Dari warna, orangnye dan hitam dop, menunjukkan kerapian. Nuansa oranye mengalir dari penutup lampu depan, sayap samping, rangka (teralis), tangki bahan bakar, hingga dudukan foot step belakang. Jok kulit hitam, namun jahitannya oranye.Unsur karbon ditempel pada bodi samping dan pelindung mesin di bawah. Pemanis lain adalah seni airbrush pada tangki dengan motif polkadot kecil yang membentuk sebuah percikan tersamar. Di atasnya ditulis Street Fire, sebagai identitas asli CB150R.
Permainan warna itu diperkuat dengan penggunaan aksesoris moge. Sokbreker - terbalik (upside down) - depan dicomot dari Honda CBR 600RR. Rem depan, Tokico dengan piringan ganda. Pelek, kustom 17 inci hitam dengan setrip oranye dibalut karet Bridgestone Battlax 120/70 di depan dan 180/55 di belakang.
Untuk menambah kesan moge, lengan ayun dan sokbreker tunggal memanfaatkan kepenyaan limbah CBR 600RR. Sedangkan untuk finishing dipakai knalpot Yoshimura R77, frame slider dan exhaust slider X-Race. Sementara rantai - satu set - dari TK Racing. Lampu-lampu dikustom, depan HID projector, belakang model LED, sementara lampu indikator diadopsi dari Koso.
(kompas/antara/welovehonda)