<----ads---->

Trik EPSON Inkjet

http://1.bp.blogspot.com/_nKPCU2VKyDY/SwS91ASm1FI/AAAAAAAAAmk/PsWHq8PPvZc/s1600/epson_t11.jpg

Baru baru ini EPSON mengeluarkan produk printer baru yaitu T11, T20E, TX200, TX400.
seri ini memakai "T" padahal untuk pendahulunya menggunakan seri "C", hal ini menurut orangnya EPSON sudah terlalu banyak seri "C" yang dipakai. jadi mulai produk baru ini menggunakan seri "T".
Untuk T11 dan T20E ini sangat mirip dengan C90, hanya saja yg membedakan adalah cartridgenya dan speednya. Cartridgenya untuk C90 adalah seri 73 dan 93 sedangkan untuk produk baru ini menggunakan seri 73N dan 93N.untuk speed C90 = 25ppm dan T11 = 23ppm dan T20E = 26ppm.
hal ini dikarenakan terjadinya missing type setelah C90 yang langsung melonjak ke seri C110. mulai dari spec dan harga antara kedua tipe tersebut berbeda jauh.maka dari itu untuk mengisi kekosongan spec, pihak EPSON mengeluarkan 2 seri baru untuk menggantikan C90.

Sedangkan untuk TX200 menggantikan CX7300 dan TX400 menggantikan CX8300. Perbedaan tipe lama dan tipe baru ini adalah speednya dan seri cartridgenya.

Beberapa tips untuk cara perawatan printer epson yg benaryang benar :
1. Printer modifikasi jangan dibawa dengan posisi miring atau terbalik.
2. Posisi botol harus sama tinggi dengan printer.
3. Ketika proses pencetakan dimulai, tutup yang kecil harus dibuka.
4. Jika printer akan dipindah tempat, semua tutup pada botol harus terpasang rapat.
5. Ketika botol akan diisi semua tutup harus dibuka, pengisian tinta dapat dilakukan pada lubang besar pada botol.
6. Jika hasil cetak kurang memuaskan lakukan proses head cleaning.
7. Jika tinta pada botol sudah ¼ lakukan segera pengisian tinta.
8. Buang tinta buangan jika sudah ½ atau ¾ botol.
9. Jangan sampai tinta pada botol benar – benar habis.
10. Diusahakan tidak berganti merk tinta.


  sedangkan untuk kualitas tinta sebaiknya anda bertanya ke teman yang lain untuk minta referensi tinta yang sudah terbukti.karena sebagai orang awam akan sulit sekali membedakan tinta bagus atau jelek. sejauh pengalaman saya, tinta untuk EPSON yg berbau menyengat kurang bagus digunakan untuk infus. cari yg sedikit harum atau soft...

saya disini akan share pengalaman saya aja, ada 3 jenis tinta yang dipakai sampai saat ini, mungkin ada tambahan lain yang saya belum pernah tau anda bisa posting disini.

tinta dye, tinta berbahan dasar air, hasil cetak bagus, tapi mudah luntur.
tinta pigmen, berbahan dasar pigmen, hasil cetak cukup bagus tapi masih kalah kualitas dibanding tinta dye, tidak luntur.
tinta sublim, tinta ini sangat pekat, sehingga mirip dengan cat, digunakan untuk cetak di kaos, keramik, dsb.

untuk setiap merk printer memerlukan tinta yang berbeda pula, tidak bisa 1 tinta digunakan untuk setiap printer, karena struktur dan cara print untuk setiap printer berbeda.

untuk epson, menggunakan sistem pompa, yang disebut sebagai piezzoelektrik, sedangkan untuk hp dan canon menggunakan sistem pemanas.

Cara membersihkan head pada EPSON
Ketika cartridge dilepas ada jarum gede2 warna hitam, itu saluran menuju head. nah untuk membersihkan head, ambil cairan pembersih di taruh di alat suntik, kemudian ujung alat suntik dikasih selang yang ditancepin jg ke jarum gede2 warna item itu. kemudian sedot dikit suntiknya, kemudian tekan pelan2. nanti lama2 lancar. tapi ingat, dibawahnya head kasih tissue yg dilipat atau lap, supaya cleaner yang keluar dari head tidak membasahi printer.

Moga bermanfaat
Previous
Next Post »