<----ads---->

LiteOn iHES208

 LiteOn yang sudah tidak asing lagi di telinga kita dengan perangkat optical drive-nya menghadirkan lagi varian combo.
Dengan kemampuannya dalam membaca keping CD hingga bluray dan membakar untuk CD dan DVD, LiteOn dengan seri iHES208 bisa menjadi solusi backup data serta pendukung untuk menjalankan film berformat definisi tinggi. 
Tidak hanya itu. Seri iHES208 ini juga dilengkapi dengan fungsi lightscribe yang bisa digunakan untuk mencetak lapisan atas keping DVD/CD (menggunakan laser). Agar berfungsi, tentu saja dibutuhkan keping yang sudah mendukung lightscribe.
Pada perangkat optical drive, kecepatan menjadi satu hal yang diperhitungkan. Sebagai media baca untuk CD dan DVD, kecepatan perangkat ini tidak berubah pada level 48x dan 16 secara maksimal. Sementara pada keping bluray, kecepatan baca yang ditawarkannya mencapai hingga 8x (maksimal) untuk modus single layer dan 4x pada modus dual/double layer. Kecepatan tersebut memang bukan yang tertinggi saat ini. Namun demikian, kecepatan ini sudah lebih dari cukup untuk menjalankan keping berformat bluray (baik pada keping dengan berisi data maupun film). Kecepatan tulisnya juga sudah cukup tinggi layaknya perangkat DVD-ReWriter terkini.
Menilik kemampuan bacanya berdasarkan aplikasi benchmark Nero DiscSpeed, LiteOn iHES208 terlihat tangguh. Meskipun demikian, grafik pengujiannya memperlihatkan kecepatan yang dicapai belum mencapai level tertinggi. Ini berarti, cukup dengan kecepatan sedang, LiteOn sudah mampu membaca keping dengan baik. Kecepatan maksimal akan dicapai saat terdapat keping yang memiliki masalah (seperti memiliki permukaan yang tergores). Kecepatan tulis yang dihasilkan pun cukup gegas. Dari hasil penghitungan yang dilakukan, kecepatan yang ditoreh tampil lebih baik dibanding kompetitor yang pernah kami coba.
Saat membaca atau membakar pada kecepatan tinggi, perangkat ini memang terdapat peningkatan noise (akibat perputaran keping yang meninggi). Untungnya hal ini tidak disertai dengan getaran yang keras, sehingga suara yang ditimbulkan tidak bising dan masih dalam tahap yang wajar.
Sayangnya, kami mendapati bahwa aplikasi bawaan produk ini (PowerDVD) tidak berhasil menjalankan film bluray dengan baik. Film baru dapat berjalan lancar saat digunakan pada Windows Vista dan 7 yang memang memiliki kompatibilitas multimedia yang lebih baik.
                                                            ***
Perangkat bluray combo keluaran LiteOn ini memang tampil bagus meskipun tidak istimewa. Semua aplikasi benchmark yang kami lakukan dapat dijalankan dengan mulus tanpa hambatan. Tambahan feature seperti fungsi lightscribe (dan aplikasi Cyberlink suite) dalam satu paket lengkap merupakan nilai lebih yang ditawarkannya. Sayangnya, hal ini menjadikan harganya  sedikit lebih tinggi.

Hasil uji kecepatan tulis (Nero versi 8.3.2.1)
Kepingan
Kecepatan
Waktu
CD-R (685 MB)
48x
3 menit 9 detik
DVD-R (4,4GB)
16x
5 menit 47 detik
DVD+R DL (7,7GB)
8x
17 menit 1 detik

Hasil uji kemampuan baca (Nero DiscSpeed 4)
Keping
Average
Start
End
CD-R
36,60x
20,82x
48,83x
DVD-R
12,06x
6,83x
16,13x
DVD+R DL
6,93x
5,03x
11,82x
BD-R DL
4,54x
2,56x
6,06x

Spesifikasi LiteOn iHES208
Interface
SATA2
Kecepatan baca:
-BD-ROM
-DVD-ROM
-DVD-RAM
-CD-ROM

Max.8x
Max.16x
Max.12x
Max.48x
Kecepatan tulis:
-DVD+R/-R
-DVD+R/-R DL
-DVD+RW/-RW
-DVD-RAM
-CD-R/CD-RW

Max.16x
Max.8x
Max.8x/6x
Max.12x
Max.48x/24x
Buffer Size
2 MB
MTBF
60000 jam
Sistem Operasi
Windows XP/Vista/7
Posisi
Horisontal dan Vertikal
Dimensi(plt)
14,6x4,1x17,8 cm
Bobot  
<800 gram
Kelengkapan
manual, kabel SATA, CD software (Blu-ray Disc Suite),
Garansi
1 tahun
Situs Web
Harga kisaran*
US$230
*Supertone, (021) 626-0460 minggu ketiga Oktober 2010



Cyberlink LabelPrint

Aplikasi LabelPrint memudahkan Anda yang ingin mendesain sendiri tampilan cover. Cover ini bisa dicetak melalui printer atau dicetak langsung di atas keping DVD/CD (menggunakan teknologi lightscribe).




Baca Bluray Disc

Grafik uji baca keping bluray menunjukkan kestabilan yang baik meskipun kecepatan yang ada belum dikerahkan secara maksimal. Ini terbukti dari hasil pengujian di mana keping bluray uji kami bisa dibaca dengan baik (meskipun hanya kecepatan baca perangkat ini hanya mencapai 6x).



Plus
    : Kecepatan baca dan tulis maksimal; tidak bising; dukung lightscribe, terdapat bundel aplikasi Cyberlink Suite.
Minus : -Harga masih tinggi; kurang maksimal pada Windows 2000/XP.
Skor Penilaian
- Kinerja            : 3,92
- Fasilitas          : 3,9
- Kemudahan    : 4
- Harga              : 3,5
- Skor Total       : 3,85

(Dayu Akbar – www.infokomputer.com)
Previous
Next Post »